Sabtu, 17 Juni 2017

INSTRUMENT LANDING SYSTEM ( ILS )

1)    ILS (Instruments Landing System)

Peralatan ILS merupakan salah satu alat bantu alat bantu navigasi yang berfungsi untuk membantu pesawat udara memudahkan melakukan pendaratan agar tepat pada centerline (garis tengah) runway dengan sudut pendaratan yang tepat.
ILS terdiri dari 3 komponen antara lain :

a.  Localizer
Subsistem atau peralatan ini berfungsi untuk membimbing pesawat agar berada pada centerline off runway dalam proses pendaratannya. Pemancar memancarkan frekuensi carrier yang dimodulasi AM(Amplitude Modulated) dengan dua sinyal audio yaitu 90 Hz dan 150 Hz. Bila pesawat pada posisi perpanjangan as landasan, akan menerima sinyal modulasi 90 Hz dan 150 Hz yang sama besarnya ( DDM = 0 ).
Prinsip Kerja
Signal yang diberikan oleh Localizer yaitu CSB signal (carrier and sideband) dan SBO signal ( sideband only ).
a)  CSB ( Carrier and Side Band )
Sinyal CSB adalah RF frekuensi carrier yang dimodulasi dengan dua frekuensi audio, 90 Hz dan 150 Hz dan menghasilkan suatu sinyal modulasi amplitudo yang terdiri dari :
·      RF Carrier ( FC )
·      Upper Sideband, RF plus 90 Hz dan RF plus 150 Hz
·      Lower Sideband, RF minus 90 Hz dan RF minus 150 Hz
Besarnya modulasi AM audio frekuensi (90 Hz atau 150 Hz) pada frekuensi carrier adalah 20 %, total modulasi kedua audio tersebut adalah 40 %.
b)  SBO ( Side Band Only )
            Sinyal SBO adalah frekuensi sideband saja dan frekuensi carriernya dilemahkan ( dihilangkan ). Karena ada dua audio modulasi frekuensi ( 90 Hz dan 150 Hz ), hasil frekuensi sideband adalah :
·         Frekuensi RF Carrier plus dan minus 90 Hz
·         Frekuensi RF Carrier plus dan minus 150 Hz.
Supaya menghasilkan radiasi ILS seperti yang diminta perlu merubah hubungan fase dari SBO tersebut
·         Menggeser fase 180º antara sideband 90 Hz dan sideband 150 Hz.
·         Selanjutnya menggeser fase 180º sinyal SBO pada Separuh sistem jajaran antenna.
·         Separuh dari jajaran antenna akan memancarkan kombinasi sinyal CSB dan SBO dimana sideband 90 Hz akan saling menambahkan ( sama fasenya ), sedangkan sideband 150 Hz akan saling menghilangkan ( berbeda fase 180º)
·         Separuh dari jajaran antenna yang sebaliknya akan memancarkan kombinasi sinyal CSB dan SBO dimana sideband 150 Hz akan saling menambahkan ( sama fasenya ), sedangkan sideband 90 Hz akan saling menghilangkan.
·         Sinyal CSB dipancarkan dari sepasang antenna bagian tengah dari jajaran antenna localizer dan menghasilkan DDM = 0 pada as landasan.
Berikut adalah Spesifikasi dari Localizer.
Merk                           : WILCOX
Tipe                            : MK 20A ILS/120
Frekuensi                   : 111.1 MHz
Power Carrier             :15 W – 25 W
Power Sideband        : 0,95 W – 1,5 W
Antenna                     : 14 Unit
Antenna Monitor        :Position dan width
Monitor                  :INTG/NF POSN RF
                                INTG/NF POSN DDM
                                INTG/NF POSN SDM
                                INTG/NF WD RF
                                INTG/NF WD DDM
Penempatan          :R/W 04
Instalasi                 :2003
Jumlah                  :Dual

Gambar 27. Localizer
b)   Glidepath
Adalah komponen dari ILS yang berfungsi memberikan panduan secara vertical untuk jalur pesawat tertentu dengan sudut normalnya 3º. Sinyal navigasi, gelombang 90/150 Hz yang dimodulasi secara AM, dipancarkan dari system antenna GP dalam bentuk sinyal carrier dan sinyal sideband murni yang memberikan paduan pesawat di udara.
Berikut adalah Spesifikasi dari Glide Path.
Merk                  :WILCOX
Tipe                   :MK 20A ILS/113
Frekuensi          :331.7 MHz
Power Carrier    :2 W - 5 W
Power Sideband:0,05 mW
Monitor                     :INTG/NF POSN RF
INTG/NF POSN DDM
INTG/NF POSN SDM
INTG/NF WD RF
INTG/NF WD DDM
Penempatan            :Bandara Pattimura
Instalasi                    :2003

Jumlah                     :Dual

Prinsip kerja
GP dibentuk oleh radiasi di lapangan dimana pada centerline GP terdapat modulasi depth (kedalaman modulasi) 90/150 Hz adalah sama ( masing-masing bernilai 40% ). Pada daerah di atas path, 90 Hz lebih dominan dibandingkan 150 Hz, sedangkan pada daerah di bawah path, 150 Hz dominan dibandingkan 90 Hz. Tidak ada kode stasiun dan sinyal audio yang dihasilkan oleh GP. Elemen dasar yang dihasilkan oleh GP adalah :
a.           Carrier Power
            Yaitu output dari pemancar (CW) yang dimodulasikan oleh sinyal yang sama 90/150 Hz. Sehingga carrier pada bagian ini dan sideband 90/150 akan muncul.
b.           Sideband Power
Yaitu bagian dari output pemancar (CW) yang dimodulasikan secara seimbang dengan 90 Hz : 150 Hz. ( dengan catatan bahwa hubungan phase RF antara 90 Hz dan 150 Hz pada sideband adalah berbeda phase, sedangkan hubungan phase RF antara 90 Hz dan 150 Hz pada carrier adalah sephase ).
c.           Antenna Bawah
Antenna dengan reflector tunggal, ditempatkan dengan ketinggian h/2 di atas permukaan tanah dan digunakan untuk memancarkan gelombang carrier.
d.           Antenna Atas
Antenna dengan reflector tunggal, ditempatkan dengan ketinggian h dari permukaan tanah dan digunakan untuk memancarkan gelombang sideband.


c)    T-DME (Terminal Distance Measuring Equipment)

Sub sistem peralatan ILS yang berfungsi untuk memberikan informasi jarak kepada penerbang hingga mencapai 115 mil terhadap ground station. Peralatan ini sebagai pengganti Outer Marker dan penempatannya berada satu gedung ( colocated dengan Glide Path ) karena jika pemasangan outer marker dilakukan maka posisi dari stasiun outer marker berada di laut.
Berikut adalah Spesifikasi dari T-DME “IAMN”
Merk                  : WILCOX
Tipe                   : MK 20A ILS/29
Power Output    : 1000 W
Frekwensi          : 1001 MHz
Monitor              :Peak Power
                           ReceiverSensitivity
                           Pulse Space/Count/Width/Rise Time
                           Decay Time.
                                                  Sistem Delay
Instalasi              :2003
Penempatan       :Pada shelter Glidepath
(colocated withGlidepath)
Jumlah               :Dual



1 komentar:

  1. Permisi Bang, kebetulan ada analisa yang Saya butuhkan dengan rumus-rumus yang di share diatas, tetapi gambar rumus tsb tidak muncul Bang. Apakah ada e-mail yang bisa Saya hubungi? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus